Ini Dampak jika Tikus Liar diabaikan

Saturday, 12 July 2014

ZERO- Tikus adalah binatang pengerat (rodent) yang bisa hidup di mana-mana baik di hutan, di desa maupun di kota besar. Kemampuan adaptasi tikus yang tinggi serta kemampuan reproduksi yang tinggi membuat jumlah tikus dapat meningkat pesat dalam waktu yang singkat. Tikus adalah binatang mamalia yang melahirkan anak dan menyusui anak-anaknya. Gigi tikus akan terus-menerus tumbuh sehingga harus dikikir dengan cara menggerogoti sesuatu.

Tikus bisa hidup di luar rumah dan juga hidup di dalam rumah bersama-sama dengan manusia. Tikus biasanya dianggap sebagai hama karena banyak memberikan dampak buruk bagi manusia sehingga suka diburu untuk dimusnahkan. Di balik semua itu, ada juga orang-orang yang menjadikan tikus sebagai hewan peliharaan, serta ada juga budaya suatu daerah yang menghormati tikus setinggi langit sehingga haram hukumnya menyakiti tikus.



Sebenarnya mengapa tikus tidak disukai oleh banyak orang? Mari kita lihat efek negatif apa saja yang bisa ditimbulkan oleh tikus terhadap kehidupan manusia :



1. Menimbulkan Kerusakan


Karena tikus adalah hewan pengerat maka tikus akan menggigiti barang-barang yang ada di rumah kita serta membuat lubang-lubang untuk jalan akses keluar masuk tikus. Selain itu tanaman-tanaman yang ditanam manusia bisa dirusak tikus.

2. Mengotori Rumah

Tikus buang air besar dan buang air kecil sembarangan di dalam maupun di luar rumah kita sehingga menimbulkan pemandangan dan bau yang tidak sedap. Mau tidak mau kita harus membersihkannya sudah tentu dengan rasa jijik.

3. Makan Minum dan Mengacak-Acak Makanan Minuman Manusia

Apabila makanan dan minuman kita tidak ditutup rapat dengan benar, maka tikus bisa masuk dan ikut berpesta pora terhadap makanan kita. Jika sudah begitu maka kita pun akan merasa jijik untuk makan makanan yang sudah dicicipi dan diacak-acak oleh hewan tikus yang tidak bertanggungjawab.

4. Menimbulkan Penyakit

Tikus bisa menjadi medium penyebaran penyakit berbahaya seperti pes dan leptospirosis (kencing tikus). Jika mendengar penyakit yang berbahaya tersebut, maka rasanya ingin segera memberantas tikus-tikus yang ada di sekitar kita agar terhindar dari resiko terkena penyakit yang berbahaya.

5. Menimbulkan Polusi

Tikus yang mengeluarkan suara mencicit-cicit serta menimbulkan suara gaduh cukup mengganggu ketenangan di telinga kita. Tikus yang mati dan menjadi bangkai di tempat yang tidak terlihat mata kita juga bisa menjadi teror yang cantik bagi seluruh penghuni seisi rumah dengan polusi udara tingkat tinggi.

6. Membuat Orang-Orang Takut dan Panik

Tikus yang lenggang kangkung lewat ke sana ke mari di sekitar kita juga bisa membuat panik terhadap orang-orang yang phobia terhadap tikus. Entah kenapa orang bisa takut pada tikus dan bisa menjerit-jerit dan panik setengah mati jika melihat tikus. Yang pasti hal tersebut sangat tidak menyenangkan bagi orang-orang normal yang tidak takut kepada tikus jika melihat orang lain panik melihat tikus.

7. Bisa Melukai Manusia

Masih ingatkah dengan pesan orangtua untuk cuci tangan dan cuci kaki sebelum tidur agar tikus enggan menyantap tangan dan kaki kita yang bebau makanan yang disukai para tikus. Gigi tikus yang sangat tajam memang bisa saja melukai kita. Oleh karena itu kita harus terus waspada dan berhati-hati terhadap berbagai acaman yang ditimbulkan oleh tikus yang kurang ajar.

8. Memangsa Hewan Peliharaan

Bukan sesuatu yang tidak mungkin tikus akan menyerang hewan-hewan peliharaan kesayangan kita jika sedang lapar. Hewan seperti burung, ayam, bebek, kelinci, dan lain sebagainya bisa saja mati dimangsa tikus yang kelaparan. Makanan binatang peliharaan kita pun juga kadang menjadi santapan tikus-tikus yang lapar.

9. Merusak Pemandangan

Apa enaknya melihat penampilan tikus yang lusuh, dekil, kotor, kucel, pitak dan menjijikkan? Dengan membayangkan kelakuan tikus kepada kita saja sudah menibulkan rasa kesal yang amat sangat, apalagi melihat penampakan tikus-tikus yang berlalu-lalang tanpa merasa bersalah di depan kita dengan mata kepala kita sendiri.

10. Menimbulkan Wabah Kelaparan

Tikus dalam jumlah besar bisa merusak sawah, ladang dan kebun yang sedang ditanami beraneka bahan makanan manusia seperti padi, jagung, buah dan sayur. Tikus pun juga bisa menyerang dan menghabiskan persediaan makanan di dalam lumbung dan gudang bahan pangan sehingga serangan hama tikus tidak boleh disepelekan dan harus ditindak jauh-jauh sebelum terjadi bencana.

Sumber : www.organisasi.org
Share this article :

 
Support : Heski Hendom | |
Copyright © 2011. Jasa Pembasmi Hama Di Manado - All Rights Reserved
ZEROCV Adnan Putra Pratama Published by Andi Susidarto SE
Proudly powered by Zero Pest Control